Apa Itu Altcoin?

Apa Itu Altcoin?

Anda mungkin sudah terbiasa dengan seluk beluk Bitcoin. Tapi selain dari bitcoin, ada banyak mata uang digital di luar sana. Ini dikenal sebagai “altcoins,” atau alternatif untuk bitcoin; Misalnya, eter, riak, zcash, monero dan dash, untuk beberapa nama saja.

Altcoin dapat berbeda dari Bitcoin dalam berbagai cara. Beberapa memiliki model ekonomi yang berbeda atau metode distribusi koin yang berbeda, seperti altcoins yang diberikan kepada semua warga negara. Yang lain menggunakan algoritma penambangan bukti-kerja yang berbeda, mungkin untuk melawan perangkat keras pertambangan khusus – atau mungkin mereka bahkan tidak mengandalkan bukti kerja sama sekali. Beberapa altcoins menawarkan bahasa pemrograman yang lebih fleksibel untuk membangun aplikasi di atas, sementara yang lain menawarkan privasi lebih banyak dibandingkan dengan Bitcoin. Dan ada juga altcoins yang melayani kasus penggunaan non-moneter yang sangat spesifik, seperti registri nama domain atau petunjuk penyimpanan data.

Namun, ada juga banyak altcoin yang sama sekali tidak menarik. Mayoritas altcoins hanya men-tweak beberapa parameter yang tidak penting, atau menawarkan sesuatu yang mungkin berguna namun tidak. Jika, misalnya, altcoin memiliki jumlah total koin, itu berarti setiap koin individu bernilai lebih sedikit. Jika altcoin menemukan blok lebih cepat, itu hanya berarti bahwa transaksi memerlukan konfirmasi untuk tingkat keamanan yang serupa.

Dengan demikian, kebanyakan altcoin tidak memberikan keuntungan atas Bitcoin sama sekali. Plus, mereka memiliki lebih sedikit daya hash untuk mengamankan mereka, melibatkan lebih sedikit pengembang yang memperbaikinya dan biasanya kurang berguna karena efek jaringan yang lebih kecil. Dan sementara banyak altcoin menjanjikan fitur yang bermanfaat, setelah diamati lebih dekat, banyak janji ini hanyalah: janji.

Ini juga berarti bahwa altcoin biasanya lebih berisiko daripada Bitcoin. Nilai tukar mereka seringkali lebih tidak stabil, dan selama bertahun-tahun hampir tidak ada altcoin yang mempertahankan nilainya terhadap bitcoin; Sebagian besar telah datang dan pergi. Selain itu, banyak altcoin dapat dianggap sebagai penipuan langsung, terutama diciptakan untuk memperkaya para penemu dan pengadopsi awal mereka.

Sementara beberapa altcoins di luar sana dapat melakukan dan melakukan tugas-tugas yang bermanfaat (misalnya bertindak dalam kapasitas testnet atau menawarkan anonimitas lebih besar daripada bitcoin) dan mungkin memiliki masa depan, banyak lainnya secara eksklusif didorong oleh spekulasi atau lebih buruk lagi. Jadi pastikan untuk melakukan penelitian Anda, dan pembeli berhati-hatilah!

 

Sekian artikel kali ini, semoga dapat membantu para miners indonesia.

Salam Profit!

Previous Ethereum Coin
Next Apa Itu Bitcoin Mining?

About author

You might also like

mining 0 Comments

Apa Itu Cloud Mining

berjalannya waktu dalam dunia pertambangan makan beberapa produk bermunculan, diantaranya adalah cloud mining. yang biasanya kita menyewa space server untuk kebutuhan server atau website, ini kita menyewa speed (hash) untuk

bitcoin 0 Comments

Misteri Pembuat Bitcoin Satoshi Nakamoto

3 Januari 2009, Satoshi Nakamoto meluncurkan 31.000 baris kode pemrograman dan mengumumkan lewat internet mata uang buatannya yang disebut Bitcoin. Kehadiran awal Bitcoin juga ditandai oleh 50 Bitcoin pertama di

hot news 0 Comments

Jenis jenis Riser PCI-E

Berkembanganya dunia pertambangan digital, alias mining, maka semakin banyak produsen yang berlomba lomba membuat produk yang mempermudah para miners dalam menjalankan proses mining, salah satunya adalah riser, riser sangat berguna

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply